Knowledge Management (KM)

Saturday, September 13, 2008 | | |

Knowledge management? Kira-kira apa yah maksudnya. Klo diartiin sih jadi manajemen pengetahuan. Tapi kenapa ya pengetahuan aja sampe perlu dikasih manajemen segala. Ternyata alasannya karena knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaan informasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam dalam benak dan pikiran setiap manusia. Maka dari itu perlu dibangun suatu mekanisme penyebaran informasi dan pengalaman dari sumber daya manuisa yang ada agar terjadi peningkatan pengetahuan dari masing-masing pelaku kegiatan di dalam suatu organisasi.
Misalnya kaya di HP (Hewlett-Packard). Orang-orang pasti udah pada tau dong ya, tentang perusahaan yang bergerak di bidang IT ini. Perusahaan ini udah sejak lama mengimplementasikan knowledge management. Contoh penerapannya misalnya bagian marketing sistem computer HP udah menempatkan pengatahuan marketingnya dalam jumlah besar ke internet. Kira-kira apa ya tujuannya? Tentu saja supaya semua orang dari seluruh dunia bisa mengakses pengetahuan tersebut. Dengan begitu informasi yang ada akan bisa ditransfer ke banyak orang secara cepat dan mudah. Sip, mungkin sekian dulu deh tulisan dari gw, kapan-kapan gw tambahin lagi.










6 comments:

  1. Antonius Handoko says:

    Ni gw Anton Vin, komentar gw mengenai blog lw, kayaknya masih bisa dikasi gambar-gambar yang menunjang mengenai materi postingan lw, supaya lebih menarik aja untuk dibaca, oke2. Thx. Good Job Gan.

  2. Anonymous says:

    Ni ane Zuhri, semangat ya dalam belajar MIS karena itu ilmu kite, ya nggak.

  3. M. Aldi W says:

    vin, belajar ilmu KM sebaik mungkin y..
    ntar bagi2 ilmunya.. jangan pelit2

  4. Anonymous says:

    uhuk2, 10 baris doang cuy.
    isinya kebanyakan ngemeng.
    mending segera lu sunting lg de.
    tapi inti isinya bagus sih

  5. ockiez_zone says:

    Sehat vin.....?
    hoho....

  6. Md Santo says:

    Dalam konteks KM tsb, saya ajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

    Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

    Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
    http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

    Terima kasih

    Md Santo